Free Fire Pointer Blue Cursors at www.totallyfreecursors.com

iklan

flash

iklan

SELAMAT DATANG BLOGGER PARA HACKER

25 April, 2012

Waspada Jebakan “iPad Baru”



altMedia sosial telah menjadi lahan yang subur, baik untuk hal positif maupun negatif. Sialnya, ada beberapa pihak yang menggunakan media sosial sebagai lahan untuk meraup keuntungan.
Euforia hadirnya "iPad Baru" diakui mampu memancing antrian penggemar produk Apple seantero dunia. Mereka tampak berlomba-lomba melakukan pre-order baik melalui toko maupun online.
Namun, di balik itu semua, ada para scammer yang siap menyambar ‘kesempatan’ dengan memanfaatkan momen peluncuran "iPad Baru" melalui jebakan di media sosial.
Hasil penemuan Trend Micro belum lama ini mencatat, scam “iPad Baru” di media sosial tampil lebih meyakinkan, sehingga pengguna bisa saja terkecoh. Alih-alih mendapatkan “iPad Baru”, data pribadi Anda yang tercuri. 
Modusnya, beberapa pengguna dengan sengaja mem-posting link pada akun media sosial mereka seperti Facebook. Setelah itu mereka dianjurkan untuk meningkatkan poin sebagai pengarah untuk meningkatkan kesempatan memenangkan item tertentu.
Setelah pengguna meng-klik link tersebut, mereka akan mengunjungi sebuah situs yang akan meminta pengguna untuk memasukkan alamat email.
Untuk lebih meyakinkan pengguna, halaman tersebut akan menginformasikan bahwa hanya ada sisa 2 tempat. Dengan demikian emosi pengguna akan bermain, lantas pengguna memberikan alamat email.
Jika sudah demikian, pengguna akan diarahkan ke dalam sebuah halaman yang memperlihatkan bagaimana mekanisme kontes ini berjalan.
Scammer juga akan meminta pengguna untuk mem-posting kembali link tersebut ke banyak jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instant Messenger lainnya. Pengguna juga diminta untuk menyalin link tersebut ke blog pengguna.
Dengan melakukan intruksi ini, tanpa disadari pengguna telah melakukan phishing dan pada gilirannya telah menjadi spammer sendiri.
“Kepentingan umum di media sosial menjadi alat bantu yang ampuh bagi kejahatan cyber masuk ke dalamnya, dan mereka telah berulang kali menarik keuntungan di sini,” ujar Myla Pilao (Direktur Trend Labs, Trend Micro).
“Karenanya pengguna harus selalu cerdas tentang hal-hal yang mereka temui di online,” imbuh Myla.
Di sinilah, kesadaran menjadi kunci untuk melawan serangan spammer. Kita sebagai individu perlu lebih proaktif tentang mendidik satu sama lain dan melindungi privasi kita di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar