Free Fire Pointer Blue Cursors at www.totallyfreecursors.com

iklan

flash

iklan

SELAMAT DATANG BLOGGER PARA HACKER

20 April, 2012

man 1 kendari


Penyelenggaraan pendidikan merupakan suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat, di mana dalam proses tersebut harus ada pendidik yang memberikan keteladanan, dan mampu membangkitkan motivasi, serta mengembangkan potensi dan kreatifitas peserta didiknya. Upaya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa disetiap jenjang pendidikan perlu diwujudkan agar diperoleh kualitas sumber daya manusia Indonesia yang dapat menunjang pembangunan nasional. Upaya tersebut menjadi tugas dan tanggung jawab semua pihak termasuk tenaga kependidikan. Guru dalam hal ini tentu saja mempunyai peranan yang sangat menentukan dalam membantu siswa belajar, proses transformasi pengetahuan secara konvensional yang masih saja dilakukan guru bukan lagi satu-satunya cara bagi guru dalam melaksanakan pengajaran tetapi bagaimana guru dapat memberikan peran lebih banyak kepada siswa untuk mengembangkan potensi dan kreativitas yang ada dalam diri siswanya adalah tuntutan bagi guru untuk mengembangkannya.
Masalah paling mendasar yang dihadapi guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi siswa dan bagaimana merangsang minat serta motivasi siswa agar penyampaian bahan dan materi pelajaran berjalan lebih efektif.
Salah satu cara terbaik yang perlu dilakukan guru adalah bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang menarik bagi siswa. Lingkungan belajar yang di maksud di atas adalah mencakup tujuan pengajaran, bahan pengajaran, metodologi pengajaran dan penilaian pengajaran. Metodologi pengajaran adalah metode dan teknik yang digunakan guru dalam melakukan interaksinya dengan siswa agar tujuan pengajaran sampai kepada siswa. Dalam metodologi pengajaran ada dua aspek yang paling menonjol yakni metode mengajar yang erat hubungannya dengan bagaimana membangkitkan motivasi dalam diri siswa agar mau belajar dan media pengajaran sebagai alat bantu mengajar yang mampu menunjang pencapaian tujuan pembelajaran secara efektif.
“Penggunaan media dalam pengajaran dapat mempertinggi kualitas proses belajar mengajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar para siswa, alasannya adalah sangat berkenaan dengan taraf berpikir siswa. Tahap berpikir manusia mengikuti tahap perkembangan dimulai dengan berpikir kongkrit menuju berpikir kompleks, penggunaan media dalam pengajaran erat kaitannya dengan tahapan berpikir tersebut sebab melalui media pengajaran hal-hal yang abstrak dapat dikongkritkan, dan hal-hal yang kompleks dapat disederhanakan”.
Perlu diperhatikan bahwa sebagai komponen sistem pembelajaran, media memiliki fungsi yang berbeda dengan fungsi komponen-komponen lainnya, yaitu sebagai komponen yang dimuati pesan pembelajaran untuk disampaikan kepada siswa. Pada proses penyampaian pesan ini seringkali terjadi gangguan yang mengakibatkan pesan pembelajaran tidak dapat diterima oleh siswa seperti apa yang dimaksudkan oleh penyampai pesan (guru).
Perhatian yang tidak terpusat sering dapat diacukan sebagai sebab terganggunya proses komunikasi. Gangguan perhatian ini muncul karena prosedur penyampaian pesan yang membosankan, atau karena perhatian siswa yang lebih tertarik pada hal-hal yang lain selain dari pesan yang sedang disampaikan.
Gangguan proses komunikasi juga dapat terjadi karena terbentuknya persepsi yang keliru tentang suatu objek, peristiwa, atau gejala. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh kurangnya media yang dilibatkan dalam proses komunikasi itu.
Oleh karena itu Kunci pemecahan masalah-masalah yang berkaitan dengan gangguan proses penyampaian pesan pembelajaran ini terletak pada media yang dipakai dalam proses itu. Pemilihan media yang tepat, sesuai dengan keistimewaan yang dimilikinya, akan dapat memperkecil gangguan-gangguan ini.
Salah satu media yang mampu mengatasi kendala gangguan komunikasi tadi sekaligus sebagai alat untuk menyampaikan pesan dan materi pembelajaran kepada siswa adalah media komputer khususnya program Power Point, dengan tampilan slide yang menarik power point merupakan salah satu program presentasi yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran lebih efektif, menarik dan komunikatif. Untuk itu seorang guru juga dituntut untuk menguasai komputer khususnya program power point.


http://programketerampilanman1kendari.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar