Free Fire Pointer Blue Cursors at www.totallyfreecursors.com

iklan

flash

iklan

SELAMAT DATANG BLOGGER PARA HACKER

20 Februari, 2015

SISTEM KOMUNIKASI RADIO

Sistem Komunikasi Radio adalah suatu sistem komunikasi yang menggunakan udara sebagai media komunikasinya.
Pada sistem komunikasi radio dibutuhkan pemancar dan penerima .Pemancar adalah sumber sinyal atau getaran radio yang dipancarkan melalui antena pemancar ,sinyal radio berfrekuensi tinggi dihasilkan oleh suatu alat didalam pemancar yang disebut osilator/oscilator.
Oscilator adalah rangkaian elektronika yang dapat menghasilkan getaran listrik .Oscilator dalam pemancar menghasilkan frekuensi tinggi ,frekuensi adalah banyaknya getaran dalam 1 detik ,misalnya kita mendengarkan sebuah pemancar radio yang pada fekuensi 900Khz , artinya pemancar tersebut menghasilkan gelombang dengan 900.000 kali tiap detik.
Adapun frekunsi tinggi yang dipancarkan oleh pemancar berfungsi sebagai gelombang pembawa informasi ,Sinyal pembawa  ini diperlukan agar sinyal informasi dapat mencapai jarak yang jauh ,frekuensi pembawa (carrier frecuency) dinamakan radio frekuensi /disingkat RF .Frekuensi sinyal informasi adalah sinyal listrik frekuensi rendah yang dinamakan audio (AF) .Agar AF dapat dibawa oleh RF ,maka AF harus ditumpangkan pada RF ,dan proses penumpangan RF dinamakan Modulasi .
Blok diagram pada sebuah pemancar yang sederhana adalah :
Keterangan :
  1. Bagian Input = Pada bagian ini terdapat alat alat seperti microphone , tape recorder ,CD player ,Cassette Recorder.
  2. Bagian Oscilator = Adalah bagian yang menghasilkan frekuensi tinggi.
  3. Bagian Modulator = Adalah bagian yang menumpangkan frekuensi audio dengan frekuensi tinggi.
  4. Bagian penguat  = Adalah bagian yang menguatkan sinyal sinyal listrik baik dari bagian Oscilator maupun dari bagian Modulator.
  5. Bagian Antena = Adalah bagian yang dapat memancarkan gelombang radio ke angkasa dalam bentuk gelombang elektromagnetik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar